Rabu, Agustus 25, 2010

"5 LANGKAH MENUJU HIDUP LEBIH BAHAGIA"

Apapun status anda, apapun jabatan anda, apakah anda miskin, ataukah anda kaya raya, anda dapat dengan mudah untuk mencapai kebahagiaan dengan menerapkan 5 langkah berikut.

Apa saja langkah itu?

Pertama

Untuk hari ini jangan cemas.

Jika setiap pagi anda percaya bahwa apapun yang datang kepada anda akan menjadi pengalaman yang berharga dan sesuatu yang luar biasa, berarti anda telah hidup dengan prinsip ini. Kecemasan dapat menyita waktu kita, jika kita tidak merasa cemas mengenai kesalahan-kessalahan masa lalu, kita sering mencemaskan masa depan kita. Masa lalu telah lewat dan tidak mungkin anda ulang sedangkan masa depan belum tentu sesuram yang anda bayangkan. Percayalah bahwa masa depan anda akan jauh lebih baik dari yang anda pikirkan dan melangkahlah dengan ringan untuk menggapai masa depan yang lebih cerah dan lebih membahagiakan. Hiduplah pada saat sekarang, pada masa ini dan berbuatlah yang terbaik.

Kita dibesarkan untuk saling mengalahkan satu sama lain, saling bersaing untuk menang apapun caranya, atau untuk saling mendendam satu sama lain. Tapi apakah dengan bersikap seperti itu kita bahagia?.....Sikap yang demikian itu menumbuhkan di dalam diri kita rasa tidak percaya kepada dunia disekitar kita. Jika kita mampu melihat “gambar Besar” nya secara jelas, pasti kita akan lebih percaya kepada rencana Sang Pencipta.

Cobalah anda praktekan: “untuk hari ini saya tidak akan cemas” setiap anda bangun pagi. Saya yakin kebahagiaan anda akan lebih besar.

Kedua

Untuk hari ini jangan marah

Kemarahan dapat merubah segala sesuatu menjadi lebih buruk, dan kita tidak perlu bergantung kepadanya.Apa yang kita marahkan? Mungkin kita marah terhadap seseorang. Atau kita marah terhadap karyawan kita atau anak buah kita. Atau bahkan kita marah terhadap diri sendiri yang belum sesuai keinginan kita. Apakah kemarahan itu dapat membawa manfaat bagi kita?.....Kalau ya, cobalah anda renungkan kembali.Adakah ekspresi lain yang bisa diungkapkan selain mengumbar amarah yang mungkin saja akan menyakiti lebih banyak orang dan membuat dendam yang berkepanjangan.

Kenalilah perasaan anda, ketahuilah bahwa kita semua belajar bersama-sama disebuah universitas yang demikian luasnya yaitu universitas kehidupan. Kemarahan dapat dapt menjadi kekuatan yang merusak keseimbangan jiwa.

Cobalah anda praktekan: “ untuk hari ini saya tidak akan marah”.

Ketiga

Hormati orang tua, guru, dan orang-orang yang lebih tua dari kita

Setiap orang dapat mengajarkan sesuatu kepada kita. Setiap hari sebenarnya kita bisa belajar dari pengalaman orang lain kalau kita mau membuka diri. Kita belajar dari pengalaman orang-orang yang lebih tua, kita belajar kebijaksanaan dari mereka kaum yang yang bijak, kita belajar ketangguhan mental dari anak-anak kita. Lihatlah betapa tangguhnya mental seorang anak yang sedang belajar berjalan. Berapa ratus kali ia gagal dan jatuh lagi, namun ia terus bangkit dan bangkit lagi?.....Coba lihat diri kita sendiri. Mungkin kita pernah beberapa kali gagal tapi kemudian kita merasa frustasi dan tidak mau belajar dari kegagalan kita untuk lebih berhasil dan mencapai kesuksesan. Belajar lah dari anak kecil.

Keempat

Carilah nafkah dengan jujur

Begitu banyak pertanyaan mengenai etika dunia kerja sehingga hidup dengan integritas adalah penting jika kita ingin berdamai dengan diri kita sendiri dan kebenaran yang kita pegang. Betapapun kecilnya pekerjaan kita, itu adalah keadaan kita sekarang, dan jika kita melakukannya dengan sepenuh hati (totalitas) dan cita (spirit), tentu kita akan memberikan dan mendapatkan yang terbaik dari keadaan itu. Prinsip ini juga dapat mengilhami kita agar mempunyai keberanian untuk mencari pekerjaan di bidang yang kita cintai, yang memnuhi tujuan hidup kita.

Kelima

Perlihatkan terima kasih kepada apapun

Adalah sesuatu yang menyenangkan bila kita mengetahui betapa sikap yang selalu berterima kasih dapat memperkaya hidup kita dengan begitu cepatnya. Pada detik pertama kita bangun pagi usahakan anda terbangun dengan perasaan terima kasih dan bukan perasaan “tolonglah” kepd semesta. Maka detik itu juga semesta akan menggemakan perasaan positif kepada kita dan akan mengirimkannya lebih banyak lagi.

Syukurlah maka hidup anda akan lebih menyenangkan.

Tidak ada komentar: