Rabu, Agustus 25, 2010

"JANGAN PERNAH BERHENTI UNTUK BERBUAT BAIK"

Kadang kita merasa perlu untuk melatih diri sendiri agar konsisten dalam berbuat baik kepada sesama. Kenapa...? Yang jelas banyak hambatannya. Jangankan berbuat baik...berbuat jahat aja banyak hambatan lho. Nah karena sama-sama ada hambatan ...ya mending pilih berbuat baik aja kan....?

Berbuat baik tidak harus ditunjukkan kepada orang lain atau khalayak ramai. Oe...aku sudah berbuat baik lho....begini....dst. Kalau itu yang terjadi, maka kita akan kehilangan pahala dari kebaikan kita. Karena perbuatan baik itu hanya untuk mendapatkan pujian dari orang lain. PAdahal tanpa pujian orang lain pun perbuatan baik kita akan dicatat sebagai pahala dan menjadi bekal kehidupan di akhirat kelak.

Bagaimana kalau ada yang mencibir kita ....dengan perbuatan baik kita...?

Nggak usah dipikirin....biar aja orang berpikir negatif tentang kita. Toh yang penting kita bisa membantu orang lain dengan kebaikan. Entah dalam bentuk sedekah, bantuan tenaga, pikiran, atau bantuan yang lainnya. KArena orang yang berpikiran negatif itu selalu ada. Kalau boleh dibikin perbandingan..mungkin orang yang berpikir negatif itu jauh lebih banyak dibanding yang berpikir positif. Ya itulah tantangannya dalam berbuat kebaikan.

Bukan kah Tuhan telah memberikan jaminan bahwa seberapa kecil pun amal perbuatan kita akan mendapatkan balasan yang setimpal....? Sebagaimana tersebut dalam surat al zilzalah:

Fa may ya'mal mits qola dzarrotin khoiroiy yaroh
wa may ya'mal mits qola dzarrotin syarroiy yaroh

Yang artinya:

Barang siapa berbuat kebaikan walaupun hanya sebesar biji zarah (atom), niscaya dia akan melihat balasannya,
Dan barang siapa yang berbuat kejahatan walaupun hanya seberat biji zarah(atom), niscaya dia akan melihat balasannya pula.

Nah dari ayat diatas jelas terlihat bahwa setiap kebaikan atau keburukan sekecil apapun...akan mendapat balasan yang setimpal.

So...tetap lah semangat untuk berbuat kebaikan disekitar anda dan kepada siapapun yang membutuhkan bantuan anda......semoga kita termasuk orang-orang yang beruntung di kehidupan mendatang.

Amiien

Tidak ada komentar: